Tips Mencuci Kaos Kaki Putih agar Tetap Putih

Kaus kaki putih memang terlihat lebih klasik. Bahkan beberapa sekolah meminta siswanya untuk menggunakan kaus kaki berwarna putih.

Meski terlihat bersih, sayangnya kaus kaki warna putih cepat kotor. Kotoran yang menumpuk biasanya mengubah warna kaus kaki menjadi keabu-abuan.

Untuk membuatnya tetap putih, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Misalnya langsung mencuci kaus kaki setelah digunakan atau kotor.

Saat dicuci jangan biarkan kaus kaki terbalik saat mencuci. Sebagian besar kotoran ada di bagian bawah luar sol. Jangan gunakan air dingin dan mencampurnya dengan pakaian berwarna.

Selain cara di atas, ada beberapa langkah yang bisa digunakan untuk membuat kaus kaki putih lebih tahan lama.

Tips mencuci kaus kaki putih

1. Gunakan air lemon atau cuka putih suling

Kandungan asam pada lemon atau cuka putih suling membantu memutus ikatan antara tanah dan serat kaus kaki. Untuk membersihkan kaus putih Anda, siapkan panci besar dengan air dan panaskan di atas kompor hingga mendidih. Matikan api.

Setelah itu tambahkan 1/2 cangkir air lemon atau 1/2 cangkir cuka putih suling. Kemudian campurkan satu hingga dua sendok makan deterjen.

Masukkan kaus kaki ke dalam larutan dan biarkan terendam setidaknya selama empat jam. Semalam bahkan lebih baik. Setelah itu, cucilah seperti biasa menggunakan deterjen dan air panas atau hangat. Jangan lupa untuk dikeringkan.

2. Gunakan produk pembersih khusus

Anda dapat menggunakan produk pemutih lainnya sebagai pengganti jus lemon atau cuka putih suling dengan mengikuti langkah perendaman dan pencucian yang sama.

Anda bisa juga menggunakan produk ini, dan tambahkan ke dalam air panas bersama dengan deterjen pakaian untuk memutihkan. Gunakan pemutih klorin dengan takaran 1/4 cangkir per galon air.

Hidrogen peroksida dengan perbandingan 1 cangkir per galon air. Anda juga bisa menggunakan
soda kue dengan takaran 1 cangkir per galon air atau boraks dengan takaran 1 cangkir per galon air.

Jangan mencampur bahan pembersih bersama-sama. Gunakan hanya satu pemutih pada satu waktu. Jika mencampur bahan pemutih bisa menyebabkan keracunan.

Tips menjaga warna kaus kaki

Rendam kaus kaki putih terlebih dahulu dalam larutan air panas dan deterjen cucian selama 30 menit sebelum dicuci.

Cuci secara terpisah. Jangan mencampur kain berwarna dan kain putih untuk mencegah perpindahan pewarna yang membuat kain putih tampak abu-abu atau kusam.

Cuci kaus kaki putih yang sangat kotor secara terpisah dari kaus kaki putih baru yang sedikit kotor.

Selalu gunakan deterjen yang mengandung cukup enzim untuk memutus ikatan antara kotoran dan kain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *