Tanda Anjing Rabies yang Bisa Dikenali dan Pastikan pada Hewan Peliharaan

Anjing memang merupakan salah satu binatang peliharaan yang menggemaskan dan dikenal setia kepada pemiliknya. Namun, pemilik anjing harus bertanggung jawab atas kesehatan mereka, salah satunya dengan mengenali tanda rabies. Apa tanda anjing rabies?

Rabies adalah penyakit yang mempengaruhi sistem saraf dan dapat berbahaya bagi manusia dan hewan lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami tanda-tandanya. Berikut tanda anjing rabies yang perlu diketahui.

Berbagai tanda anjing terkena rabies

Mengutip dari laman Web MD dan Top Dog Tips berikut adalah berbagai gejala rabies pada anjing yang sebaiknya Anda ketahui.

1. Perilaku berubah drastis

Anjing yang terkena rabies dapat mengalami perubahan perilaku drastis. Mereka mungkin menjadi lebih agresif atau gelisah, atau sebaliknya, menjadi sangat tenang dan lesu.

Perubahan ini dapat mencakup kehilangan minat pada aktivitas yang biasa mereka lakukan atau penarikan diri dari interaksi sosial.

2. Kejang-kejang

Rabies mempengaruhi sistem saraf anjing, sehingga mereka dapat menunjukkan gejala neurologis yang mencolok.

Anjing mungkin mengalami kejang-kejang, tremor, atau kesulitan berjalan. Mereka juga dapat mengalami kelumpuhan parsial atau total.

3. Gangguan pernafasan

Anjing yang terkena rabies dapat mengalami kesulitan bernapas atau napas yang tidak teratur. Hal ini disebabkan oleh kerusakan pada sistem saraf yang mengendalikan fungsi pernapasan.

4. Penurunan nafsu makan

Ciri-ciri anjing rabies berikutnya adalah nafsu makan menurun. Rabies dapat menyebabkan anjing kehilangan nafsu makan dan haus. Mereka mungkin menolak makanan atau minuman yang biasanya mereka sukai, atau mengalami penurunan berat badan yang signifikan.

5. Air liur berlebihan

Salah satu tanda paling umum dari anjing yang terkena rabies adalah produksi air liur yang berlebihan. Anjing yang terinfeksi dapat mengeluarkan air liur secara berlebihan, hingga mengalir dari mulut mereka.

6. Ketergangguan mental dan kehancuran

Rabies dapat mempengaruhi fungsi otak anjing, yang menyebabkan ketergangguan mental dan kehancuran. Mereka mungkin menjadi bingung, cemas, atau kehilangan kesadaran atas lingkungan sekitar mereka.

7. Sensitif pada cahaya

Anjing yang terkena rabies dapat menjadi sangat sensitif terhadap cahaya, yang dikenal sebagai fotofobia. Mereka mungkin menghindari cahaya terang dan berusaha bersembunyi di tempat yang gelap.

8. Kesulitan menelan

Rabies dapat mempengaruhi kemampuan anjing untuk menelan makanan atau air dengan baik. Mereka mungkin menunjukkan kesulitan saat makan atau minum sehingga membuatnya sering menolak makan.

9. Perubahan suara

Perubahan suara anjing juga dapat menjadi tanda rabies. Mereka mungkin mengeluarkan suara yang tidak biasa, seperti mengerang atau meraung dengan cara yang berbeda dari biasanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *