KIP Kuliah Merdeka 2023, Pahami Alur Pendaftaran Hingga Cara Buatnya

Pendaftaran KIP Kuliah 2023 untuk mahasiswa baru di Indonesia telah dibuka. Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah adalah program yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk membantu mahasiswa dalam menempuh pendidikan tinggi. KIP diberikan kepada mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin/rentan miskin.

Pendaftaran akun KIP Kuliah bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu mendaftar secara mandiri atau didaftarkan oleh perguruan tinggi yang sudah menerima mahasiswa bersangkutan.

Dikutip dari situs Kemdikbud, KIP Kuliah merupakan bagian dari Program Indonesia Pintar (PIP). PIP adalah bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin/rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

PIP Pendidikan Tinggi untuk mahasiswa diberikan dalam bentuk Kartu Indonesia Pintar Kuliah atau KIP Kuliah. Bantuan biaya hidup bagi mahasiswa penerima KIP tersebut akan ditransfer langsung ke rekening mahasiswa penerima.

Mahasiswa dapat memanfaatkan bantuan tersebut untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama kuliah dan tidak boleh dimanfaatkan perguruan tinggi untuk biaya tambahan apapun. Pada tahun 2023, bantuan biaya hidup per bulan yang diberikan pada mahasiswa terpilih diberikan dalam 5 klaster besaran berdasarkan wilayah, yaitu

Rp 800.000
Rp 950.000
Rp 1.100.000
Rp 1.250.000
Rp 1.400.000.

Cara Buat KIP Kuliah

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari Pedoman Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka 2023, berikut ini cara membuat KIP Kuliah:

  1. Siswa mendaftar secara mandiri melalui https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/
  2. Sewaktu mendaftar, siswa memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN), Nomor Induk Siswa
  3. Nasional (NISN), dan alamat email aktif.
  4. Sistem KIP Kuliah akan melakukan validasi NIK, NISN, dan NPSN serta kelayakan memperoleh beasiswa KIP Kuliah. Jika validasi sukses, maka sistem akan mengirim nomor pendaftaran dan kode akses ke email yang didaftarkan.
  5. Masuk ke situs KIP Kuliah Merdeka dengan memasukkan nomor pendaftaran dan kode akses guna menyelesaikan proses mendaftar dan memilih proses seleksi, baik itu SNBP/SNBT/jalur mandiri.
  6. Siswa melakukan finalisasi pendaftaran di situs resmi KIP Kuliah sesuai jalur seleksi yang dipilih.
  7. Calon penerima beasiswa yang sudah diterima di kampus tujuan, bisa melakukan verifikasi lebih lanjut oleh perguruan tinggi sebelum diusulkan ke Puslapdik sebagai calon penerima KIP Kuliah.

Alur Pendaftaran KIP Kuliah

  1. Masukkan NIK, NISN, NPSN, dan alamat email
  2. Validasi data
  3. Siswa mendapat nomor pendaftaran dan kode akses.
  4. Siswa menyelesaikan pendaftaran KIP Kuliah.
  5. Siswa mendaftar dan mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi.
  6. Verifikasi data oleh kampus, jika dibutuhkan.

Syarat Penerima KIP Kuliah 2023

  1. Lulusan SMA/SMK/sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau maksimal 2 tahun sebelumnya.
  2. Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi negeri/swasta akademik maupun vokasi di prodi yang sudah terakreditasi dan tercatat dalam sistem akreditasi nasional perguruan tinggi.
  3. Punya potensi akademik baik, tetapi punya keterbatasan ekonomi.

Demikian cara membuat KIP Kuliah 2023. Pahami setiap langkah-langkahnya ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *