Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan Segera Meluncur, Berapa Kecepatannya?

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang juga disebut Red Comodo segera beroperasi pada pertengahan Agustus 2023. Kereta cepat pertama di Asia Tenggara tersambung dari Stasiun Halim, Jakarta Timur hingga Stasiun Tegalluar, Bandung.

Emir Monti, manager corporate communication KCIC, menjelaskan bahwa dari target total speed atau puncak kecepatan teknis mencapai 385 km/jam. Saat ni lagu Kereta Inspeksi di jalur KCJB sudah menembus angka 220 km/jam.

“Saat ini laju Kereta Inspeksi di jalur KCJB telah menembus angka 220 km per jam. Ini merupakan sejarah baru bagi perkeretaapian di Indonesia, yang akan segera memiliki kereta api kecepatan tinggi,” kata Emir pada Selasa, 13 Juni 2023.

Emir juga memastikan bahwa pihaknya saat ini masih fokus melakukan pengawasan dan evaluasi pelaksanaan testin and commisioning KCJB secara internal.

“Melalui CIT atau Kereta Inspeksi, seluruh parameter sarana dan prasarana KCJB dapat terdeteksi selama proses pengujian,” ujarnya. Emir menjelaskan, pengujian itu dilakukan secara berkala dengan rute Stasiun Tegalluar, Stasiun Padalarang, Stasiun Karawang, dan Stasiun Halim. Kecepatan Kereta Inspeksi pada saat pengujian juga akan terus ditingkatkan secara bertahap, hingga mencapai puncak kecepatan teknisnya di 385 km per jam.

Selain itu, Emir juga menjelaskan, paralel dengan pengujian yang dilakukan oleh kontraktor, KCIC juga terus melakukan koordinasi dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian KEmenterian Perhubungan dalam menyiapkan izin operasi KCJB.

Saat ini juga sedang dilakukan FGD antara KCIC, kontraktor KCJB, Kemenhub, dan beberapa pihak lain. FGD ini membahas persiapan pengujian dan pengumpulan berbagai data dan dokumen yang dibutuhkan demi melengkapi persyaratan Kemenhub.

Terkait harga tiket, GM Property & Non-Farebox Business Development KCIC, Devin Pranata belum bisa berbicara banyak. Menurutnya hal ini masih dikaji stakeholder terkait.

“Harga tiket masih dalam kajian, pastinya di fase awal ada harga tiket yang pastinya sangat kompetitif dan menarik untuk pelanggan,” ujarnya.

Ia menegaskan harga tiket akan diumumkan sebelum operasional KCJB. Adapun untuk tahap pengenalan, KCIC akan menerapkan tarif khusus untuk masyarakat. Namun baik Emir dan juga Devin menyebut hal ini masih dalam tahap pembahasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *