Kenapa Jarang Ada Sepeda Motor di Jepang? Ini Alasannya

Menguak alasan kenapa di Jepang jarang ada sepeda motor, padahal Negeri Matahari Terbit itu terkenal sebagai produsen motor terbaik bahkan terbesar di dunia.

Merek motor Jepang seperti Yamaha, Honda, Suzuki, dan Kawasaki sangat populer di dunia termasuk Indonesia.

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi popularitas sepeda motor di Jepang:

Transportasi publik yang efisien

Jepang memiliki sistem transportasi publik yang sangat baik, seperti kereta api, bus, dan taksi. Jaringan kereta api yang luas dan sering beroperasi memungkinkan penduduk untuk bepergian dengan nyaman dan cepat tanpa perlu memiliki kendaraan pribadi.

Infrastruktur yang disesuaikan dengan sepeda dan pejalan kaki Infrastruktur di Jepang banyak yang dibuat untuk jalur sepeda dan pejalan kaki.

Biaya operasional yang tinggi

Biaya kepemilikan dan operasional sepeda motor di Jepang relatif tinggi. Biaya bahan bakar, pajak kendaraan, asuransi, dan perawatan rutin yang mahal dapat menjadi hambatan bagi masyarakat untuk memiliki dan menggunakan sepeda motor.

Bahaya di musim dingin

Sebagai negara dengan empat musim, setiap tahunnya Jepang tentu akan merasakan musim dingin bersalju. Karena itulah di musim dingin jalanan akan terasa licin dan sangat berbahaya bagi kendaraan, terutama motor.

Harga motor yang mahal

Terakhir adalah harga motor di Jepang yang relatif mahal sehingga membuat warga Jepang enggan membeli motor. Di Jepang, satu unit motor matik bisa dihargai sekitar 190 ribu – 250 ribu yen atau sekitar Rp 21-28 juta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *