Jokowi Dukung Luhut Pakai Mandor Asing di Proyek IKN, Ogah Kualitas Istana Seperti SD Inpres

Direktur Center of Economic and Law Studies (Celios) Bhima Yudhistira mengkritik langkah pemerintah menggunakan tenaga asing sebagai mandor di proyek Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurut Bhima, proyek IKN mestinya mempriritaskan tenaga kerja lokal.

“Sayang kalau lebih memilih mempekerjakan tenaga asing. Apalagi kalau cuma di level supervisor atau pengawas,” kata Bhima ketika ditemui di Menara Rajawali Jakarta Selatan, Rabu, 14 Juni 2023. “Masih banyak tenaga kerja lokal yang kompeten dan berkualitas.”

Belum lama ini, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan blak-blakan soal alasan penggunaan mandor bule untuk mengawasi proyek IKN. Menurutnya, kualitas pekerjaan menjadi kunci utama.

“Oleh karena itu, saya sudah lapor Pak Presiden, pengawas itu kita dengan terpaksa, dengan segala hormat, kita pakai bule-bule untuk menjaga kualitas,” kata Luhut dalam Rapat Kerja Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Jumat, 9 Juni 2023. “Jangan nanti Istana Presiden itu jadi, tapi kualitasnya tidak bagus.”

Ketua Satuan Tugas Percepatan Investasi di IKN itu lalu memaparkan pihaknya telah mengidentifikasi rencana pengembangan, skema insentif dan model bisnis, hingga status tanah di IKN untuk ditawarkan kepada para investor.

Langkah komunikasi dengan negara-negara yang telah menyampaikan minat untuk ikut membangun IKN juga telah dilakukan. Sejumlah negara itu seperti seperti Uni Emirat Arab, Cina hingga beberapa negara Timur Tengah.

Minat investor untuk tutur membangun IKN, menurut Luhut, juga sangat besar. Bahkan, salah satu pakar pengembang kota asal Shenzen, Cina, sudah meminta untuk bisa segera masuk.

Antusiasme yang tinggi juga ditunjukkan investor Singapura yang ditemui Luhut dalam acara Temasek Ecosperity. “Kemarin di Singapura, itu mereka apresiasi terhadap ini karena ini adalah green city, green capital pertama di dunia,” kata Luhut.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi setuju dengan usul Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan soal pengawas asing dalam proyek pembangun Ibu Kota Nusantara atau IKN. Menurut Luhut, pelibatan pengawas asing agar Istana Negara di IKN berkualitas.

Jokowi sepedapat dengan argumen Luhut itu dan menyetujui ada pengawas asing di proyek IKN.

“Sudah diusulkan dalam rapat kalau hanya 1-2 orang untuk urusan kualitas barang nanti yang dihasilkan. Nanti kalau jelek gimana kualitasnya? Kalau hanya 1-2 yang mengarahkan, yang bisa mengontrol, mengawasi supaya hasilnya bisa kualitas, baik, kenapa tidak?” kata Jokowi di Pasar Menteng Pulo, Jakarta Selatan, Kamis, 15 Juni 2023.

Jokowi juga membantah isu yang menyebut pelibatan pengawas asing karena ingin menggaet investor. Menurut Jokowi, hal tersebut murni karena pemerintah ingin mengedepankan kualitas.

“Ndak, ndak (ada hubungan dengan investor), ya karena kita ingin menaikan level kualitas kita. Jangan nanti hasilnya nanti kaya SD Inpres, mau?” kata Jokowi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *