Inilah Fakta Alasan Kenapa Orang Jepang Suka Meminta Maaf

Orang Jepang, diketahui dikenal dengan sifat sopan dan ramahnya terhadap sesama masyarakatnya, bahkan kepada orang asing sekalipun.

Jika mereka hanya melakukan kesalahan sekecil apapun pasti akan dibalas dengan ucapan permintaan maaf dari lubuk hati yang terdalam.

Permintaan maaf dalam budaya Jepang memiliki peran penting dan kompleks. Ini menjadi tanda dari nilai-nilai yang mendasari kehidupan masyarakat Jepang. Cukup banyak wisatawan asing terkejut dengan seringnya orang Jepang meminta maaf.

Warga Jepang sudah membentuk perspektif positif tersendiri bagi masyarakat di seluruh Dunia dengan nilai-nilai kesopanan yang selalu dijaga dengan baik.

Hal itu juga terus dibudidayakan dan digunakan dalam keseharian orang Jepang.

Untuk menjaga kesopanan dan menghindari konflik terbuka, orang Jepang akan meminta maaf. Permintaan maaf ini menjadi bagian dari tatemae mereka demi memelihara hubungan sosial.

Diketahui Orang Jepang akan melontarkan kalimat permohonan maaf dikala membuat kesalahan, meminta tolong, bahkan kala menerima kebaikan dari orang lain.

Faktanya, Ada cukup banyak orang asing di Jepang yang terkejut melihat orang-orang di sana sering meminta maaf dengan mengucapkan “sumimasen”.

Ungkapan ‘sumimasen’ mengandung banyak arti yang berbeda. Arti yang paling umum adalah ‘maaf’, digunakan saat seseorang melakukan kesalahan, dan ‘permisi’, yang diucapkan ketika Anda ingin melewati seseorang di jalan.

Namun ‘sumimasen’ juga sering digunakan untuk mengungkapkan rasa terima kasih.

Kolektivitas dan keberadaan dalam kelompok membuat orang Jepang merasa bertanggung jawab dalam kelompoknya.

Orang Jepang sering minta maaf meski kesalahan berasal dari anggota lain. Minta maaf di sini sebagai bentuk kesadaran terhadap kontribusi mereka di dalam kelompok.

Kebanyakan masyarakat Jepang menyadari bahwa tindakan mereka mempengaruhi orang disekitar mereka. Oleh karena itu mereka sering meminta maaf kepada seseorang yang merasa terganggu atau munggi tidak.

Permintaan maaf orang Jepang lebih dari sekedar meminta maaf. Mereka berusaha merefleksikan nilai kesopanan yang telah mendarah daging di negara mereka.

Meskipun minta maaf seringkali merupakan praktik pribadi, pada dasarnya itu adalah tindakan yang mempertimbangkan masyarakat secara secara keseluruhan.

Cara meminta maaf dalam budaya Jepang sangat beragam. Ungkapan “gomen nasai” merupakan kata baku dalam bahasa Jepang untuk minta maaf.

Jika tidak yakin tentang cara meminta maaf dalam bahasa Jepang, maka kata “gomen nasai” adalah pilihan paling tepat. Kata tersebut dapat diterima dalam situasi formal maupun informal.

Dalam percapakain santai atau bersama teman sebaya cukup gunakan “gomen ne” atau “gomen” untuk mempersingkat. Gomen lebih informal dan terkesan ramah dengan teman atau rekan seumuran.

Demikian alasan kenapa orang Jepang sering minta maaf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *