Ingin Ikut Berkurban Tahun ini? Yuk Kenali Dulu Jenis-jenis Kambing dan Domba Berikut ini

Hari Raya Iduladha segera tiba dalam waktu dekat. Umat muslim umumnya akan berbondong-bondong membeli hewan kurban seperti kambing, domba, ataupun sapi untuk disembelih pada hari raya. Tak heran, momentum ini kerap menjadi saat-saat yang dinanti.

Biasanya, kambing dan domba menjadi pilihan favorit masyarakat karena harganya yang jauh lebih terjangkau daripada sapi. Selain itu, kambing dan domba juga banyak diternakkan di Indonesia.
Namun, sebenarnya apa saja jenis kambing dan domba yang umumnya menjadi hewan kurban Iduladha? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Kambing Saanen

Kambing saanen sejatinya berasal dari Lembah Saneen di Switzerland, Swiss Barat. Di Indonesia, kambing ini kerap disilangkan dengan kambing Etawa agar lebih adaptif dengan iklim tropis Indonesia. Namun, kambing saanen yang asli memiliki beberapa ciri khasnya sendiri.

Misalnya seperti memiliki bulu yang pendek dan biasanya berwarna putih atau krem. Hidungnya berbentuk lurus, sedangkan mukanya berbentuk segitiga. Telinga kambing saanen umumnya agak tegak dan dominan menghadap depan, sementara ekornya cenderung pendek dengan bulu yang tipis.

2. Kambing Etawa

Kambing etawa dikenal sebagai penghasil susu yang berkualitas baik dan bermanfaat bagi kesehatan. Kambing asal India ini telah diternakkan di Indonesia sejak lama. Bobot kambing Etawa jantan bisa mencapai 91 kilogram. Sementara itu, tinggi rata-rata kambing ini sekira 90-100 cm. Ciri khas kambing etawa terletak pada kakinya yang pendek, meski ukuran badannya terbilang sangat besar.

3. Domba Garut

Domba garut merupakan salah satu jenis domba yang asli berasal dari Indonesia, tepatnya di Kabupaten garut, Jawa Barat. Domba garut jantan dewasa mempunyai bobot 60-80 kilogram, sedangkan yang betina mempunyai bobot 30-40 kilogram.

Tak hanya itu, ciri khas domba ini juga terletak pada tanduknya yang cukup besar, melengkung ke arah belakang, dan ujungnya mengarah ke depan, sehingga berbentuk seperti spiral. Pangkal tanduk kanan dan kirinya pun hampir bersatu. Domba garut seringkali menjadi primadona karena dagingnya yang berkualitas.

4. Kambing Kacang

Kambing kacang juga merupakan hewan ternak asli Indonesia. Kambing yang satu ini dikenal sangat cepat dalam berkembang biak, karena sudah bisa menghasilkan keturunan pada umur 15-16 bulan. Ciri khas kambing kacang adalah tubuhnya yang berukuran kecil, serta warna bulu yang tunggal, seperti putih, hitam, coklat, atau gabungan ketiganya. Kambing ini sangat mudah beradaptasi dengan iklim Indonesia, sehingga dikenal sangat mudah untuk diternakkan.

5. Kambing Gibas

Kambing gibas dikenal juga dengan sebutan kambing gimbal atau kambing gembel. Hal ini tentu karena bulunya yang berwarna putih cenderung panjang dan gimbal. Uniknya, aroma kambing gibas tidak terlalu menyengat seperti jenis kambing pada umumnya meski memiliki bulu yang tebal.

Keunggulan kambing jenis ini adalah daya tahan tubuhnya yang kuat, sehingga mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Tak hanya itu, kambing gibas juga mampu bertahan dengan baik dalam berbagai macam perubahan iklim. Oleh karena itu, banyak orang yang memilih untuk mengembangbiakkan kambing gibas di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *