Aplikasi Threads: Mencatat Lonjakan Pengguna Hingga 70 Juta dalam 2 Hari, Mengejutkan Zuckerberg

JakartaThreads, aplikasi pesaing Twitter dari Meta, terus memecahkan rekor sampai saat ini. Hanya dua hari sejak dirilis, Threads sudah memiliki 70 juta pengguna.

Pencapaian baru ini diungkap langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg. Dalam postingannya di Threads, Zuckerberg sepertinya terkejut melihat adopsi Threads yang sangat cepat.

“70 juta pendaftar sampai pagi ini. Benar-benar di luar ekspektasi kami,” kata Zuckerberg dalam postingannya di Thread, seperti dikutip detikINET, Sabtu (8/7/2023).

Pencapaian ini menjadikan Threads aplikasi dengan pertumbuhan paling cepat di dunia. Posisi tersebut sebelumnya dipegang oleh ChatGPT yang membutuhkan waktu dua bulan untuk mendapatkan 100 juta pengguna aktif bulanan.

Sebelumnya Threads dilaporkan memiliki 44 juta pengguna dalam 24 jam setelah dirilis. Selain itu, data internal Meta menunjukkan aplikasi media sosial ini juga dibanjiri 95 juta postingan dan 190 juta likes dari puluhan juta penggunanya.

Meledaknya jumlah pengguna Threads dalam waktu singkat juga dibantu dengan integrasinya dengan Instagram yang memiliki sekitar dua miliar pengguna aktif bulanan. Pengguna bisa membuat akun Threads dengan login menggunakan akun Instagram-nya serta membawa daftar following dan followers-nya.

Karena lonjakan pengguna yang sangat pesat, Threads diprediksi tidak akan membutuhkan waktu lama untuk menyalip Twitter. Menurut laporan keuangan publik terakhirnya sebelum dibeli Elon Musk, Twitter memiliki 238 juta pengguna aktif bulanan yang bisa dimonetisasi.

“Meta hanya butuh 1 dari 4 pengguna Instagram untuk menggunakan Threads setiap bulannya agar bisa menjadi sebesar Twitter,” kata analis dari Insider Intelligence Jasmine Enberg, seperti dikutip dari CNBC.

Threads juga masih memiliki banyak ruang untuk menumbuhkan penggunanya. Aplikasi ini masih belum tersedia di Uni Eropa karena masalah terkait aturan privasi data Digital Markets Act.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *