Beranda News Kawasan Kawah Putih Ditutup Sementara

Kawasan Kawah Putih Ditutup Sementara

37
0

Menyusul kebakaran yang melanda hutan dan lahan di daerah Kabupaten Bandung, pemerintah dan kepolisian Ciwidey memutuskan untuk menutup kawasan wisata Kawah Putih untuk sementara waktu hingga api dapat dipadamkan dan aman bagi masyarakat.

Akibatnya sejumlah lokasi wisata termasuk tempat swafoto di Kawah Putih turut terkena imbas dari asap dan api kebakaran. Menurut keterangan dari Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat Trunoyudo Wisnu Andiko departemennya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak seperti Polres Bandung dan juga pengelola tempat wisata terkait penutupan lokawisata.

“ Lokasi wisata akan mulai ditutup hari ini, karena lokasi swafoto ikut terbakar jadi tidak mungkin untuk dimasuki,” katanya Selasa 8 oktober.

Meski begitu akses masuk ke dalam Kawah Putih masih dapat dilalui karena kebakaran hanya menutup beberapa bagian saja.

Hasil dari penyelidikan polisi menduga bahwa penyebab kebakaran yang menghanguskan setidaknya 241 hektare lahan di Ciwidey, Kabupaten Bandung tersebut dapat berasal karena faktor alam maupun manusia.

“ Belum dapat dipastikan karena masih dalam tahap penyelidikan,” katanya.

Menurut keterangannya, Trunoyudo menjelaskan bahwa di musim kemarau seperti sekarang ini kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan sangat mungkin terjadi. Penyebabnya dikarenakan banyaknya rumput dan pepohonan yang mengering akan mudah menyebabkan kebakaran.

Tetapi tidak menutup kemungkinan juga kebakaran tersebut merupakan ulah manusia yang tidak bertanggung jawab contohnya seperti membuang puntung rokok sembarangan.

“ Faktor manusia dapat disengaja maupun tidak disengaja. Untuk membuktikannya kita membutuhkan barang bukti maka dari itu diadakan penyelidikan,” tambahnya.

Pihaknya menambahkan bahwa kebakaran hutan dan lahan yang ada di Kawasan Kawah Putih membutuhkan penanganan skala besar. Proses pemadaman sulit dilakukan karena medan yang sulit. Kepala Seksi Pemadaman dan Investigasi Dinas Damkar Kabupaten Bandung M. Saepuloh menjelaskan bahwa medan yang harus ditempuh untuk memadamkan api sulit untuk dijangkau.

“ Posisinya cukup tinggi dengan tingkat kecuraman hingga 60 derajat, jadi sulit bagi petugas,” katanya.

Hingga saat ini upaya memadamkan kebakaran hutan dan lahan di kawasan Kawah Putih masih terus dilakukan. 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here