Beranda News Gempa Susulan Ambon Tercatat Hingga 500 Kali

Gempa Susulan Ambon Tercatat Hingga 500 Kali

47
0

Indonesia adalah salah satu negara yang paling rawan gempa. Hal semacam ini bukan menjadi hal yang baru lagi. Adapun penyebab yang menjadikan indonesia sangat rawan mengalami gempa karena letak geografis Indonesia. Letak geografis Indonesia diakui sangat rawan dengan lokasi terjadinya gempa.

Baru-baru ini salah satu wilayah Indonesia mengalami terjadinya gempa. Wilayah tesebut adalah Pulau Ambon san sekitarnya, gempa masih mengguncang pulau tersebut hingga Sabtu 28/9/2019.

Hingga saat ini gempa susulan yang tercatat mencapai 500 kali. Menurut Andi, gempa susulan yang terjadi ada 64 kali di antaranya dirasakan di pulau Ambon sedangkan sisanya tidak dirasakan gempa yang terjadi dari 1,7 sampai 5,6 magnitud.

“jadi energi tersisa itu dikeluarkan secara perlahan sehingga kondisi patahan itu bisa mencapai kestabilan kembali Jadi ini kondisi normalnya” kata andi lebih lanjut

Gempa Pulau Ambon pertama kali dirasakan pada hari Kamis Pagi 26/9/2019. Menurut berita yang di kabarkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi berlokasi di titik koordinat 3,38 Lintang Selatan (LS) dan 128,43 Bujur Timur (BT).

Gempa bumi berjarak 40 km dari arah Timur Laut Ambon. Sementara kedalaman gempa bumi mencapai 10 km. Adapun walaupun terjadi gempa dengan kekuatan yang lumayan besar. Namun untungnya gempa itu tidak memicu terjadinya tsunami.

Namun begitu pihak pemerintah melalui Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tetap meminta pada semua masyarakat untuk tetap waspada dan berhati hati. Jika nanti akan muncul terjadinya gempa bumi susulan yang bisa terjadi pada kapan saja. Maka masyarakat terlebih mereka yang tinggal di wilayah Indonesia Timur atau juga terkhusus mereka yang tinggal di pulau Ambon maluku.

Adapun menurut berita yang banyak tersebar di media sosial yang memberitakan  akibat gempa yang terjadi dengan kekuatan yang cukup besar maka tak heran jika dampak gempa itu juga bisa terjadi di wilayah lain. salah satu wilayah yang juga turut mengalami dampak gempa di Ambon Maluku adalah wilayah Labuan Bajo dan juga Ruteng Nusa Tenggara Timur (NTT).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here