Beranda Ekonomi dan Bisnis Mahar Menggunakan Uang, Tidak Boleh Di lipat

Mahar Menggunakan Uang, Tidak Boleh Di lipat

28
0

Di Indonesia sekarang sedang trend mengenai mahar menggunakan uang. Bentuknya sendiri juga sangat aneh dan  menyerupai banyak hal, ada yang membuat dengan menyerupai burung dan menyerupai sesuatu yang indah. Tapi apakah sebenarnya uang yang di jadikan mahar tersebut boleh? Jika memang boleh apa sih sebenarnya ketentuannya? Bukan kah seharusnya mahar itu adalah sesuatu yang bernilai di tempat tertentu ya?

Menanggapi Mahar yang berupa uang, Bank Indonesia sebagai lembaga yang menyediakan dan mencetak uang itu angkat suara. Bank Indonesia sendiri mengizinkan masyarakat Indonesia yang ingin menggunakan uang sebagai mahar untuk pernikahan. Tapi ada syaratnya, uang tersebut tidak boleh di lipat menjadi dan seperti bentuk-bentuk tertentu yang sering sekali viral saat ini.

Mirza Adityaswara, Gubernur Senior dari Bank Indonesia juga mengatakan bahwa Rupiah tentu boleh digunakan untuk menjadi mahar pernikahan karena memiliki nilai dan mata uang yang diakui di Indonesia. Tapi, dirinya melarang jika rupiah tersebut dilipat karena itu dapat merusak uang itu sendiri.

“Untuk dijadikan Mahar Boleh, mas kawin juga boleh, tapi kalau mau kasih uang, uangnya jangan dilipat.” Kata Mirza Adityaswara di Gedung BI, Jakarta, pada hari Rarbu ini (24/07).

Hal tersebut juga tertuang di dalam Undang Undang No. 7 tahun 2011 mengenai mata uang rupiah yang tidak boleh di rusak dengan cara apapun, tindakan yang memicu kerusakan bahkan yang merusak uang rupiah akan diberikan hukuman berupa denda dan juga sanksi pidana. Di pasal lainnya, pelaku perusakan yang melakukan perusakan tersebut bisa juga dikenakan denda sebesar Rp. 1 Miliyar dengan penjara selama paling lama 5 tahun.

Mirza Adityaswara juga mengatakan bahwa seharusnya kita memelihara uang, tidak dilipat, tidak di staples, tidak di basahi, tidak di remas, tidak di coret coret dan juga tindakan lainnya. Ya masa uang dilipat dan di bentuk macam macam. 

Pemberian mahar menggunakan rupiah memang seharusnya sangat biasa di lakukan. Namun pemberian tersebut tidak boleh di lipat lipat menjadi berbagai bentuk tertentu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here