Beranda Ekonomi dan Bisnis Bekraf Menargetkan Ekspor Ekonomi Kreatif Naik 8 Persen

Bekraf Menargetkan Ekspor Ekonomi Kreatif Naik 8 Persen

27
0

Badan Ekonomi Kreatif baru baru ini menargetkan ekspor produk ekonomi kreatif anak bangsa bisa lebih meningkat hingga 8 persen. Kepala Bekraf juga mengatakan bahwa pengiriman produk ekonomi kreatif ke luar negeri saat ini sudah berada pada kisaran angkan 20 Milliar per tahun. Kenaikan dari pada ekspor yaitu mencapai 8-10 persen. Sedangkan destinasi yang menjadi tempat favorit untuk Fashion yaitu Amerika Serikat dan Jepang. Dia juga menambahkan bahwa di Amerika yang paling banyak adalah pada sektor Fashion, dan masih banyak lagi produk lainnya.

Guna targetkan ekspor mencapai delapan hingga sepuluh persen Ketua Bekraf ini juga menuntut pada pihak produsen untuk lebih mempersiapkan produknya agar bisa di terima di pasar Mancanegara.

Bos Bekraf saat ini juga mentargetkan ekonomi kreatif menymbangkan sekitaar seribu dua ratus Trilliun ke pendapatan negara pada tahun ini. Angka tersebut bisa di bilang meningkat dari pada tahun lalu yang hanya mencapai sekitar Rp 1.015 Trilliun. Triawan mengatakan bahwa pihaknya akan terus menargetkan agar semakin banyak pelaku ekonomi kreatif yang ingin dan mau mendaftarkan kepemilikan Hak Kekayaan Intelektual dalam unit usahanya. Untuk mendongkrak target, Bekraf juga melakukan promosi produk ekonomi kreatif ke seluruh Indonesia.

Pihaknya juga mengatakan akan melindungi ekosistem HAKI, dan akan terus memasarkan dan memamerkannya. Berbagai hubungan dengan daerah serta pelaku ekonomi dan akademi selalu di gencarkan olehnya. Jika dari sektor perfilman, Bekraf juga menargetkan industri film negeri semakin di minati oleh masyarakat, pastinya.

Bekraf juga menargetkan mampu mengajak 60 juta penonton untuk menikmati film buatan anak bangsa. Gerakan ini semua mempercepat tumbuhnya ekonomi kreatif pada keseluruhan ekonomi yang ada di Indonesia. Pihaknya juga mencontohkan misalnya pada tahun ini penonton hanya 5 juta orang sedangkan tahun yang akan datang sudah mencapi 60 juta penonton. Meningkatnya sudah ratusan persen.

Bekraf juga mengusulkan adanya serifikat Hak kekayaan Intelektual menjadi sebuah jaminan pembiayaan. Sertifikat ini nantinya berlaku seperti sertifikat tanah. Sertifikat HAKI juga bisa digunakan untuk angunan atau pinjam ke bank untuk memperoleh pembiayaan untuk mengembangkan usaha para pelaku usaha ekonomi. Bekraf melalui deputi HAKI dan regulasi bersama dengan DPR hingga kini terus berusaha membenahi regulasi yang di perlukan agar rencana bisa berjalan. Selai itu Bekraf juga mengedukasi masyarakat mengenai tentang pentingnya HAKI atas usaha yang mereka kelola.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here